Dampak Cagar Karangsambung-Karangbolong Naik Kelas Jadi Geopark Nasional

Liputan6.com, Kebumen – Keunikan Cagar Geologi Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah telah dikenal luas hingga mancanegara. Wilayah ini adalah singkapan dasar samudera, yang diyakini sebagai yang tertua dan terlengkap di Asia.

Menjelajahi kawasan Karangsambung artinya menjelajah lantai samudera pembentuk pulau Jawa. Dari kawasan ini, sejarah kebumian pulau Jawa bakal diketahui.

Tak berbeda dengan kawasan dilindungi lainnya, cagar geologi Karangsambung pun berhadapan dengan ancaman perusakan dan pencurian batuan kuno. Penampakan batuan kuno peninggalan jutaan tahun lampau ini memang unik.

Ada pula situs batuan kuno yang ditambang serampangan. Kualitas batuan berusia jutaan tahun ini memang istimewa. Lebih keras dari batuan koral biasa.

Upaya mengurangi ancaman perusakan pun terus dilakukan. Setidaknya, kini ada 22 situs di kawasan Cagar Geologi Karangsambung yang telah berada dalam penguasaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Namun, masih ada puluhan atau bahkan ratusan situs penting lain yang juga terancam. Karenanya, dibutuhkan kerjasama seluruh pihak, termasuk pemerintah daerah kawasan cagar geologi Karangsambung yang meliputi Kabupaten Kebumen hingga Wonosobo.

Kabar baiknya, kawasan cagar geologi ini telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong. Penyerahan sertifikat kenaikan status menjadi geopark nasional itu diterima oleh Wakil Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, di Bogor akhir 2018 lalu.

Penetapan wilayah Karangsambung-Karangbolong, Kebumen, Jawa Tengah, sebagai geopark nasional diyakini bakal membawa dampak positif kepada daerah, utamanya masyarakat lokal. Penetapan ini sekaligus juga memantik pemda untuk mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur pendukung.

Sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/3877410/dampak-cagar-karangsambung-karangbolong-naik-kelas-jadi-geopark-nasional

Comments are closed.
× Apa yang bisa kami bantu ?