Implementasi Kerja Sama Pendidikan Kebumian BIKK LIPI dan SMK N 1 Karanggayam

Kebumen, Humas LIPI. Terhitung sejak 1 Februari 2021 Balai Informasi dan Konservasi Kebumian (BIKK) LIPI menjalin kerja sama dengan SMK N 1 Karanggayam. Kerja sama ini mengenai penyelenggaraan dan pengembangan program pendidikan di bidang kebumian. Sebelumnya, kedua lembaga ini juga pernah menjalin kerja sama pengembangan pendidikan Geologi Pertambangan. Selain membina jurusan Geologi Pertambangan, kerja sama lanjutan ini sekaligus menjadi payung bagi pengembangan jurusan lain, serta peningkatan kompetensi bagi pendidik dan siswa SMK N 1 Karanggayam.

Sebagai bentuk implementasi dari kerja sama tersebut, maka SMK N 1 Karanggayam mulai penyelenggarakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi siswa kelas XI jurusan Multimedia dan Geologi Pertambangan. Sebanyak 39 siswa dari kedua jurusan tersebut melaksanakan PKL di BIKK LIPI dari bulan April hingga Mei 2021. Kepala BIKK LIPI, Indra Riswadinata, M.H tentu menyambut baik langkah konkrit ini.

“PKL merupakan langkah penting bagi siswa dalam mengembangkan skill sebagai bekal memasuki dunia kerja,” ungkap Indra. Ia menambahkan, selama PKL di BIKK LIPI para siswa akan dibekali dengan pendalaman kemampuan dan penguasaan teknologi digital bagi jurusan Multimedia, serta pendalaman mengenal batuan dan pemetaan bagi siswa jurusan Geologi Pertambangan.

Sementara itu, Kaprodi Multimedia SMK N 1 Karanggayam Miftakhul Fuad mengatakan “Kami berterima kasih kepada BIKK LIPI sebagai mitra kerja sama pendidikan yang baik bagi SMK N 1 Karanggayam, sudah membimbing dan membekali kemampuan penguasaan IT dan pengetahuan geologi bagi siswa kami selama PKL di kampus LIPI Karangsambung.”

Setelah menjalani PKL, ada mekanisme evaluasi yang dilakukan oleh BIKK LIPI dan pihak sekolah. Salah satunya melalui presentasi laporan PKL siswa yang dilakukan secara berkelompok. “Presentasi ini selain untuk mengukur tingkat penerimaan materi yang diberikan kepada siswa, juga melatih siswa agar berani berbicara di depan publik,” imbuh Indra.

Pada saat evaluasi (18/5), Maya Arnita, salah satu peserta PKL dari jurusan Multimedia menuturkan “Selama menjalani PKL di BIKK LIPI, kami mendapatkan materi yang belum pernah diajarkan di sekolah seperti produksi konten audio visual, disain grafis, pengelolaan web, dan teknik produksi konten virtual tour.” Bagi Maya, hal ini bermanfaat untuk menambah kemampuan penguasaan teknologi digital.

Demikian halnya dengan Fikri Maulana, peserta PKL jurusan Geologi Pertambangan menyampaikan kesannya selama menjalani PKL di BIKK LIPI, peserta diberi pembekalan materi geologi oleh Peneliti LIPI dan didampingi praktik ke lapangan untuk mengamati batuan dan melakukan pemetaan. “Ini bisa menambah wawasan dan pengalaman geologi kami,” ujarnya. (Mn)

Comments are closed.
× Apa yang bisa kami bantu ?