TRANSFORMASI LIPI DALAM PEMBELAJARAN ILMU KEBUMIAN DI KARANGSAMBUNG

Kebumen, Humas LIPI. Karangsambung merupakan laboratorium alam yang mengandung fenomena geologi lengkap. Karenanya, banyak universitas dan sekolah memanfaatkan singkapan batuan yang ada di Karangsambung sebagai tempat belajar memperdalam pengetahuan bidang kebumian. “Sejak tahun 1964 Kampus Geologi Karangsambung sudah digunakan untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan,” ungkap Indra Riswadinata, Kepala Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung LIPI pada Senin (12/7).

Ia menambahkan, mulai tahun 2021 ini LIPI berupaya mensinergikan potensi laboratorium alam yang ada di Karangsambung tersebut dengan perkembangan teknologi. Diantaranya dengan membangun Kawasan Geodiversitas Indonesia di BIKK LIPI Karangsambung. “Kawasan Geodiversitas Indonesia dilengkapi dengan laboratorium, museum dan fasilitas belajar untuk mendukung pelaksanaan kegiatan riset dan pembelajaran secara tatap muka, e-learning, maupun blended learning,” imbuhnya.

Salah satu mitra LIPI yang secara kontinu menyelenggarakan kuliah lapangan kebumian ke Karangsambung adalah Prodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti. “Sejak tahun 2011 Kami pertama kali datang untuk kuliah lapangan ke Karangsambung hingga sekarang,” ujar Irfan Marwanza, Kaprodi Teknik Pertambangan Universitas Trisakti. Menurutnya, dalam situasi normal mahasiswa dapat praktik langsung ke Karangsambung, dilanjutkan dengan riset dan pengabdian masyarakat. Namun, dengan adanya pandemi Covid-19 ini, maka kuliah lapangan kebumian diselenggarakan secara daring.

Hal ini juga ditegaskan oleh M. Burhannudinnur, Dekan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi Universitas Trisakti. “Saat pandemi, pembelajar bidang geologi tambang harus siap bertransformasi dari kontak fisik menjadi blended learning untuk menggali pengetahuan mengenai struktur batuan dan peralatan,” ungkapnya. Kendati demikian, praktik lapangan secara langsung tetap diperlukan untuk mengkonfirmasi ulang data yang sudah didapatkan dalam pembelajaran secara daring.

Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) Universitas Trisakti telah bekerja sama dengan BIKK LIPI sejak 2019. Meskipun situasi pandemi Covid-19 masih terjadi, FTKE Universitas Trisakti berkomitmen melanjutkan implementasi kerja sama bidang pendidikan, penelitian, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan dengan BIKK LIPI. “Ke depan kerja sama dengan LIPI perlu dilanjutkan,” terang Burhannudinnur. (Mn)

Comments are closed.
× Apa yang bisa kami bantu ?